Minggu, 13 Oktober 2019

Kriteria Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia

Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia - Selepas lulus SMA maka memang sudah waktunya untuk bisa melanjutkan ke perguruan tinggi ataupun universitas. Banyak perguruan tinggi negeri ataupun swasta tersebar di mana-mana. Setiap perguruan tinggi tersebut pasti akan memberikan promosi besar-besaran mengenai kualitas, fasilitas dan lain sebagainya. Untuk menarik banyak siswa yang daftar.

Kriteria Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia


Menempuh jenjang sarjana ini memang akan bisa menjadikan masa depan seseorang itu selangkah lebih cerah. Namun sayangnya ketika momentum ini datang maka tak semua siswa tersebut siap untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Banyak sebab dan alasan mengapa sebagian besar dari para siswa tersebut tidak bisa melanjutkan ke perguruan tinggi.

Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia


Hal ini bisa jadi dikarenakan tidak adanya informasi yang berarti untuk para siswa dalam melangkah ke perguruan tinggi yang tepat dan baik. Pada saat ini dengan banyaknya pilihan kampus yang ada untuk melanjutkan pendidikan perguruan tinggi maka seringkali bisa membuat Anda binggung. 

Pasalnya dari sekian banyak pilihan kampus ataupun perguruan tinggi tersebut, maka ada yang bisa mengantarkannya ke jalur kesuksesan namun ada pula yang tidak.

Jika Anda melihat profil sebuah perguruan tinggi, pasti rata-rata akan membeberkan semua prestasi dan juga keunggulan. Tapi, jika Anda ingin benar-benar memilih perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang tepat, nampaknya Anda tidak bisa berhenti disitu. Setidaknya Anda tetap harus mencari tahu sebelum Anda menentukan perguruan tinggi mana yang akan Anda pilih.


Jika memang banyak yang menanyakan pertanyaan seperti ini kepada mahasiswa: “Apa yang Anda harapkan dari gelar yang sedang Anda kejar?” Maka mayoritas akan memberikan jawaban: “Pekerjaan yang memuaskan dan masa depan yang gemilang!” Karena pekerjaan itu merupakan tolak ukur keberhasilan dan kesuksesan setiap mahasiswa yang telah lulus kuliah. 

Bagi Anda yang telah melihat para alumni perguruan tinggi yang telah sukses dengan pekerjaan dan kehidupannya maka mereka bisa dibilang telah sukses dalam segala hal.

Sayangnya, tidak semua perguruan tinggi itu berfokus dalam menyiapkan mahasiswa untuk memasuki dan juga bisa bersaing dalam dunia kerja yang kompetitif. Jika Anda juga sangat mementingkan prospek kerja setelah kelulusan, maka carilah dengan teliti perguruan tinggi yang terbaik. Dari sinilah sebuah ketelitian dan kejelian harus Anda tingkatkan agar tidak menyesal di kemudian hari nantinya.

Maka dari itu untuk pemilihan kampus atau perguruan tinggi ini memang sangat penting untuk kelanjutan masa depan siswa. Salah dalam memilih perguruan tinggi ataupun salah dalam memilih program studi maka Anda akan mengalami kerugian dalam hal kesuksesan masa depan Anda. Untuk itu bagi Anda yang ingin melanjutkan jenjang ke perguruan tinggi maka sudah saatnya lebih mencermati beberapa kriteria perguruan tinggi terbaik di Indonesia berikut ini, yaitu 

Fasilitas Perguruan Tinggi


Hal pertama yang perlu untuk Anda cermati dari perguruan tinggi yaitu fasilitas. Hal ini bukan hanya sekedar untuk melihat fisik ataupun kemewahan dari kampus itu saja. Namun hal ini juga untuk mendukung perkembangan studi Anda sendiri di kampus tersebut. 

Pada saat menempuh pendidikan dan juga menuntut ilmu di perguruan tinggi maka Anda memang membutuhkan beberapa sarana dan juga prasarana pendukung agar studi Anda lebih sukses.

Maka dari itu untuk mencermati fasilitas yang ada di kampus merupakan hal yang mutlak yang perlu Anda lakukan. Dan beberapa fasilitas yang perlu dicermati tersebut antara lain perpustakaan, klinik kesehatan, laboratorium, tempat olahraga, asrama, ketersediaan transportasi kampus dan yang lainnya. 

Lengkapnya fasilitas yang disediakan oleh sebuah perguruan tinggi ini sebagai salah satu penunjang belajar Anda nantinya disana. Apabila tidak lengkap maka Anda sedikit kesulitan karena harus mencari-cari dulu di tempat lain.

Baca Juga : Cara Berhenti Donasi Unicef

Jalur Seleksi Masuk yang Jelas


Sebelum Anda masuk ke sebuah perguruan tinggi pastinya akan selalu ada sebuah tahapan seleksi yang harus Anda lalui  dan para calon mahasiswa lainnya. Nah dari sinilah Anda juga harus cermat bahwa tes ataupun seleksi yang dilakukan pada perguruan tinggi tersebut. 

Pada umumnya setiap perguruan tinggi itu pasti memiliki mekanisme tersendiri dalam menyeleksi calon mahasiswanya. Apabila Anda sudah merasa yakin dengan perguruan tinggi yang Anda pilih maka Anda harus ekstra mempersiapkan diri supaya bisa diterima di perguruan tinggi tersebut.

Selain itu jadwal dari pendaftaran pada masing-masing perguruan tinggi terbaik di Indonesia ini juga umumnya relatif tetap sepanjang tahunnya. Maka dari itu untuk bisa masuk ke perguruan tinggi yang Anda incar, maka pastikan Anda mengetahui jadwal persis dari seleksi yang dilakukan agar Anda tak ketinggalan untuk mendaftar. Jangan sampai Anda tertipu dengan beberapa seleksi abal-abal yang telah ditawarkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Biaya Kuliah yang Terukur


Biaya kuliah juga merupakan salah satu komponen dalam studi di perguruan tinggi yang tak bisa Anda hindari. Untuk bisa memastikan Anda kuliah ditempat yang tepat dan juga baik untuk masa depan Anda, maka komponen ini memang perlu dicermati dengan seksama. Pastikan juga bahwa Anda mengetahui dengan persis jumlah biaya yang harus dikeluarkan pada saat menempuh studi di perguruan tinggi yang Anda incar. Ketika Anda mampu untuk mengukur besaran biaya kuliah ini maka persiapan pun bisa Anda lakukan.

Dengan mengetahui kisaran besaran biaya ini bisa jadi mungkin Anda tak perlu lagi untuk mengeluarkan sejumlah dana cadangan ataupun mencari dana talangan. Tapi di lain sisi pada saat Anda mengetahui besaran biaya tersebut bisa jadi juga Anda diharuskan untuk mengeluarkan dana cadangan atau mencari dana tambahan. Maka dari itu berbagai informasi mengenai biaya perkuliahan ini sangat penting untuk Anda cermati.

Program Beasiswa


Hal lainnya yang bisa Anda cermati untuk sebuah perguruan tinggi terbaik di Indonesia berikutnya yaitu program beasiswa s1. Semakin banyak beasiswa yang ditawarkan di sebuah kampus tersebut memang akan membuat Anda lebih tenang dan juga nyaman untuk menempuh pendidikan. Dengan adanya beasiswa, maka Anda yang memiliki keterbatasan dana memang bisa untuk mengajukan beasiswa tersebut untuk studi di perguruan tinggi.

Mungkin saja Anda tidak memenuhi dengan kriteria dari syarat beasiswa yang ada, namun pada saat sebuah perguruan tinggi memiliki banyak jenis beasiswa yang ditawarkan. Maka tentu saja Anda bisa mendaftar lagi dengan menggunakan persyaratan yang sesuai dengan Anda. Maka dari itu untuk mencermati beasiswa ini sejak awal merupakan hal yang penting dan baik untuk setiap calon mahasiswa.

Nilai dari Jurusan dan Program Studi


Hal lainnya yang perlu dicermati oleh calon mahasiswa yang akan ke perguruan tinggi yaitu nilai dari jurusan dan program studi yang akan Anda masuki. Setiap jurusan ataupun program studi pada masing-masing kampus memang telah memiliki nilai akreditasi tersendiri. Sayangnya tidak banyak dari calon mahasiswa tersebut yang memperhatikan hal ini.

Mereka hanya mengerti bahwa sebuah jurusan yang dipilih sesuai dengan kemampuan dirinya. Hal ini memang baik untuk bisa menyesuaikan jurusan dengan bakat yang dimiliki. Namun untuk melengkapinya dengan nilai jurusan yang baik akan lebih baik lagi. Maka dari itu pilihlah sebuah perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang memiliki jurusan ataupun program studi yang memiliki nilai akreditasi terbaik.

Penempatan Industri atau Magang


Beberapa perguruan tinggi itu menjadikan penempatan kerja atau magang sebagai bagian dari kurikulum kuliah. Ini merupakan sebuah kesempatan yang sangat penting bagi Anda untuk mendapatkan pengalaman kerja profesional sebelum lulus kuliah. 

Sehingga Anda punya topik pembicaraan sewaktu akan wawancara kerja. Dan melalui kesempatan magang, maka Anda juga bisa membangun koneksi yang mungkin berguna untuk kesempatan kerja setelah lulus nanti. 

Terutama jika Anda ingin bekerja di bidang  STEM atau science, Technology, Engineering & Mathematics. Magang ini biasanya berdurasi sekitar setahun tergantung program kuliah yang Anda pilih. Tahun ini mungkin dikenal sebagai ‘sandwich year’ dan biasanya akan dilakukan di tahun kedua ataupun ketiga.

Koneksi dengan Perusahaan atau Pemberi Kerja


Perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang mementingkan prospek kerja mahasiswa biasanya akan menjalin hubungan yang erat dengan banyak perusahaan atau pemberi kerja. Dengan demikian berbagai layanan karir akan lebih memberikan manfaat bagi mahasiswa. Selain itu akan banyak juga acara karir seperti presentasi yang disampaikan oleh perusahaan atau pemberi kerja, pekan karir, skema pengalaman kerja dan yang lainnya.

Program Pertukaran Mahasiswa


Menurut hasil studi European Commission yang telah diadakan pada tahun 2014, 64% perusahaan atau pemberi kerja lebih menyukai kandidat yang memiliki pengalaman internasional. Jadi berpartisipasi dalam sebuah program pertukaran mahasiswa sewaktu kuliah (walaupun Anda telah kuliah di luar negeri) akan meningkatkan prospek kerja Anda.

Lokakarya Pelatihan dan Pekan Rekrutmen


Seberapa sering sebuah perguruan tinggi mengadakan pelatihan dan juga lokakarya pencarian kerja untuk membantu mahasiswa. Pelatihan untuk mempelajari berbagai keahlian dan latihan wawancara kerja. Bagaimana dengan sebuah pekan karir? 

Apakah para mahasiswa berkesempatan untuk bisa bertemu dengan perusahaan atau pemberi kerja di bidang yang mereka minati? Apakah perusahaan sering juga menjalankan wawancara dalam kampus? Semua itu merupakan tanda jelas bahwa perguruan tinggi tersebut berkomitmen dalam membantu mahasiswa mencapai cita-cita karir mereka.

Tingkat Diterima Bekerja Lulusan yang Tinggi


Menurut data statistic dari pemerintah Inggris, maka rata-rata tingkat diterima bekerja Lulusan secara umum dari perguruan tinggi Inggris yaitu 89.1%. Selain melihat angka keseluruhan, maka Anda juga perlu untuk mengecek persentase berdasarkan mata kuliah.  Mencari tahu posisi kerja seperti apa yang bisa untuk ditempati oleh para lulusan perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Jaringan Alumni yang Bermanfaat 


Beberapa jaringan para alumni juga menawarkan sejumlah fasilitas untuk para anggotanya. Misalnya diskon untuk beli laptop ataupun kartu kredit universitas. 

Akan tetapi berbagai keunggulan yang sesungguhnya yaitu koneksi yang bisa Anda manfaatkan. Jaringan alumni yang hebat memungkinkan Anda terhubung dengan para ahli di bidang karir yang Anda inginkan di seluruh dunia. 

Dimana Anda bisa meminta masukan, panduan, mengakses lowongan kerja  dan juga memulai karir di posisi yang bagus.

Pelatihan dan Pendanaan Kewirausahaan


Perguruan tinggi juga bisa untuk memberikan layanan pendukung karir melalui pelatihan keahlian wirausaha dan juga memberikan dukungan untuk para calon wirausahawan. Baik itu dalam bentuk lokakarya keahlian bisnis, dukungan start-up, hibah dan dana, ataupun kelompok studi mahasisswa. 

Walaupun Anda belum punya rencana untuk memulai usaha sendiri. Maka pelatihan keahlian wirausaha merupakan suatu pertanda bahwa perguruan tinggi tersebut memiliki fokus kuat dalam membantu mahasiswa mencapai cita-cita karir mereka.

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, serta Strategi Pencapaiannya


Sebuah perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang layak menjadi tempat Anda belajar jika mempunyai visi,misi dan tujuan yang jelas. Selain itu perguruan tinggi tersebut harus bersifat futuristik atau beroreantasi masa depan. Setiap elemen dalam setiap kampus bersangkutan juga harus mempunyai visi misi yag sama. 

Berikan plus poin jika memang kampus mempunyai banyak prestasi.  Jika kampus itu tidak pernah terdengar telah memberikan jasa apapun ke masyarakat, maka Anda patut mempertimbangkannya lebih dalam.

Tata Pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan dan Penjaminan Mutu


Inti dari poin ini cukup simple atau sederhana yaitu pilihlah perguruan tinggi yang jelas struktur kepemimpinannya. Janganlah masuk perguruan tinggi yang jabatan rektornya saja dibuat rebutan, anggaran dana  dikorupsi dan masih yang lainnya. Jadi sebelum Anda daftar maka sebaiknya googling dulu nama perguruan tinggi yang mau Anda daftar. Coba cari tahu terlebih dahulu track recordnya.

Mahasiswa dan Lulusan


Nah ini yang cukup sedikit horor, perguruan tinggi ini layak untuk tempat Anda belajar jika lulusannya mendapatkan penempatan kerja yang baik. Akan sempurna jika sebuah perguruan tinggi itu mempunyai kerja sama dengan berbagai perusahaan untuk penempatan alumni. 

Untuk mengetahui hal ini maka Anda bisa cari tahu profil alumni dan juga masa tunggu alumni atau lama alumni mendapatkan sebuah pekerjaan setelah wisuda.

Sumber Daya Manusia


Perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang bisa Anda jadikan acuan untuk menimba ilmu yaitu perhatikan sumber daya manusia. Kalau yang ini bisa penasaran dengan gampang, Anda ahli stalking. Unggul dalam hal mempunyai dosen dan karyawannya juga berkualitas. 

Untuk memastikannya, maka  cari saja profil calon dosen Anda di berbagai jarsos, telisik lulusan mana saja para dosen dan yang lainnya dan apa saja kegiatan mereka.

Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik


Kurikulum yang pro mahasiswa yaitu kurikulum yang relevan dengan program studi dan juga mampu membentuk sofskill dan hardskill mahasiswa. Contoh antara lain praktikum, teori dan juga kegiatan kemasyarakatan haruslah ada dan seimbang. Fasilitas kampus juga wajib memadai untuk para mahasiswanya.

Pembiayaan, Sarana dan Prasarana, Serta Sistem Informasi


Birokrasi terlalu membingungkan? Sekarang ini sudah tidak jamannya lagi. Semua hal yang berkaitan dengan perguruan tinggi sudah mempunyai sistem informasi. Calon kampus Anda juga wajib punya SI yang bagus. Setidaknya perguruan tinggi tersebut memiliki  sistem informasi untuk absen.

Penelitian, Pelayanan atau Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerjasama


Pilihlah sebuah perguruan tinggi untuk para contributor. Berkontribusi untuk apa saja? Berkontribusi untuk penelitian yang telah didedikasikan untuk masyarakat dan juga semua kegiatan positif untuk membantu masyarakat. Jadi semua penelitian, pelayanan, ataupun pengabdian yang dilakukan oleh para mahasiswa disana ditujukan untuk masyarakat luas.


Nah, darimana Anda bisa tahu apakah perguruan tinggi yang Anda minati menyediakan semua layanan di atas? Disini Anda bisa mencari tahu lengkap dari halaman situs resmi universitas, sosial media universitas, blog mahasiswa, ataupun yang paling mudah yaitu dengan mengunduh brosur resmi universitas. 

Jika hal demikian sudah Anda lakukan maka perguruan tinggi terbaik di Indonesia bisa Anda dapatkan dan masuki.